MAHASISWA IAIN KUDUS MEMBANTU SUKSESKAN JALANNYA VAKSINASI DI DESA KURYOKALANGAN GABUS

Vaksinasi merupakan program pemerintah yang telah dilaksanakan pada pertengahan bulan Januari 2021 lalu. Orang yang pertama kali disuntik vaksin adalah Presiden Joko Widodo. Selain itu ada sejumlah pejabat, tokoh agama, organisasi profesi dan beberapa perwakilan masyarakat turut mengikuti vaksin.

Pada tanggal 13 September 2021, warga Desa Kuryokalangan mengikuti vaksinasi. Kegiatan vaksin tersebut dibawah pelayanan PUSKESMAS Gabus II. Mahasiswa KKN-IK dari IAIN Kudus berkesempatan untuk membantu menyukseskan jalannya kegiatan vaksin tersebut. Mahasiswa KKN IAIN Kudus membantu menulis nomor antrian vaksin dan memanggil antrian yang akan vaksin.

Dalam mengikuti vaksin, ada 4 tahapan yang dilalui. Pertama, perdaftaran dan verifikasi data yang dilakukan di meja 1, skrinning berupa pemeriksaan fisik di meja 2 dengan melakukan pengecekan tekanan darah dan suhu tubuh. pada meja 3 dilakukan penyuntikan oleh petugas. Pada meja 4 peserta vaksin harus menunggu selama 5 menit untuk mengantisipasi apabila ada Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). Sebagai penerima vaksin, warga yang mengikuti vaksin mendapatkan kartu vaksin.

Kegiatan vaksin dilakukan mulai pukul 08.00 sampai 12.00 di balai desa Kuryokalangan. Kuota vaksin kali ini dengan jumlah sebanyak 100 orang. Vaksin berjalan secara tertib dan selalu menggunakan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

 

 

 

 

 

 

Penulis : Eka Dewi Wulandari

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan