GAMBARAN UMUM DESA

GAMBARAN UMUM DESA KURYOKALANGAN 

Desa Kuryokalangan adalah salah satu desa yang ada di kecamatan Gabus kabupaten Pati. Desa ini mempunyai luas 252,152 Ha. Secara geografis desa Kuryokalangan berbatasan dengan :

  1. Sebelah Utara Desa Mojolawaran
  2. Sebelah Selatan Desa Kedalingan
  3. Sebelah Timur Desa Sugihrejo
  4. Sebelah Barat Desa Bogotanjung

Potensi Desa

Desa Kuryokalangan memiliki berbagai potensi yang cukup baik sebagai sebuah desa. Adapun potensi tersebut terlihat dari letak/wilayah, sumber daya alam (SDA), sumber daya manusia (SDM), infrastruktur. Salah satu potensi sumber daya manusia yang ada di desa Kuryokalangan adalah di bidang pertanian. Karena pada dasarnya mayoritas  penduduk desa Kuryokalangan bermata pencaharian sebagai seorang petani. Disamping bertani juga berternak. Namun tak sedikit pula penduduk yang berwirausaha dan tak sedikit pula yang mengadu nasib ke negera asing.

Letak/Wilayah

Desa Kuryokalangan memiliki letak wilayah yang cukup strategis karena merupakan jalur penguhubung antara kecamatan Gabus dengan kecamatan Kayen. Sehingga dengan adanya jalan tersebut bisa menjadi salah satu potensi untuk mengembangkan desa, terutama perekonomian masyarakat.

Sumber Daya Manusia

Berdasarkan data yang dimiliki pemerintah desa Kuryokalangan, jumlah warga pada tahun 2021 mencapai  3030 orang yang terbagi menjadi 4477 orang laki-laki dan 3940 orang perempuan. Dengan jumlah KK mencapai 1001 kk.

Industri

Desa Kuryokalangan juga memiliki berbagai potensi di bidang industri, mulai dari industri kecil, menengah. Beberapa industri kecil dan menengah yang dikelola oleh warga diantaranya bergerak di sektor jasa dan industri rumah tangga seperti kuliner, konveksi, percetakan dan lain-lain. UMKM tersebut antara lain budidaya anggur, budidaya jambu air citra, konveksi dan usaha makanan ringan. Selain pertanian, yang menjadi andalan lain adalah usaha konveksi jaket, celana dan baju yang hasil produksinya dikirim keseluruh penjuru nusantara.

Infrastruktur

Infrastruktur di desa Kuryokalangan sudah cukup memadai. Beberapa infrastruktur tersebut dapat dilihat dari sarana dan prasarana yang ada seperti jalan raya, sekolah, tempat beribadah, sarana kesehatan, lembaga pemerintahan, dan sarana prasarana lainnya. Desa yang memiliki 16 RT dan 6 RW ini terdapat 2 PAUD, 2 Sekolah Dasar, 1 Madrasah Ibtidaiyah, 1 Madrasah Tsanawiyah, 1 Madrasah Aliyah, 4 Pondok Pesantren, 2 masjid besar dan puluhan mushola.Jarak Desa Kuryokalangan ke pusat kota Pati kurang lebih 15 km yang bisa ditempuh dalam waktu kurang dari 20 menit menggunakan sepeda motor.